Prediksi Cuaca
Prediksi Interaktif

Pada prediksi interaktif disajikan dengan peta dari googlemaps, dengan informasi seperti prediksi cuaca, imsakiah, info SMS, dan foto di beberapa kota besar Indonesia. Informasi ini disajikan dengan interaktif yaitu dengan menampilkan simbol sederhana sebagai gambaran kondisi cuaca yang terjadi, informasi kondisi cuaca dengan sistem penerimaan SMS dari berbagai sumber, dan menampilakan foto sebagai gambaran visual.

Prediksi Cuaca dihasilkan dengan kemampuan prediksi sampai 24 jam kedepan, dengan menampilkan informasi cuaca setiap 3 jam. Representasi prediksi ini berasal dari hasil model MM5 yang dijalankan oleh server WCPL. Informasi cuaca yang ditampilkan berupa nilai suhu (ºC), kelembapan (%), kecepatan angin (m/s), arah angin (vektor), dan awan/hujan (gambar visual).

Waktu Imsakiah dihasilkan dari perhitungan astronomi dengan menampilkan waktu imsakiah ditampilkan tiap hari sampai 4 hari kedepan yang ditampilkan dalam bentuk teks.

Info SMS menampilkan informasi cuaca dalam bentuk teks, dari SMS yang dikirimkan oleh berbagai sumber ke nomer telepon server WCPL. Jika anda ingin ikut berpartisipasi memberikan informasi cuaca di daerah anda, silakan mengirimkan informasi ke nomer server WCPL, lihat di halaman FAQ.

Global

Prediksi Global disajikan informasi mengenai awan konvektif dengan wilayah meliputi Asia Australia yaitu 60º LU-30º LS dan 70º BT-160º BT dalam bentuk peta dengan resolusi spasial 1º . Prediksi ini diperoleh dari data prediksi global AVN/GFS dari NCEP dan dipetakan dengan software GrADS. Waktu prediksi yang ditampilkan dalam UTC. Prediksi ini tersedia dalam bentuk harian dan mingguan. Pada prediksi harian, tersedia sampai 1 hari kedepan dengan interval waktu prediksi tersedia tiap 6 jam. Sedangkan prediksi mingguan tersedia sampai 1 minggu ke depan dengan interval waktu prediksi tersedia 1 hari.

Indonesia

Prediksi cuaca regional di wilayah Indonesia yaitu 15ºLU-15ºLS dan 90ºBT-150ºBT, yang ditampilkan dalam bentuk peta dengan resolusi spasial 27 km. Informasi yang ditampilkan berupa prediksi awan, curah hujan, temperatur, dan theta ekivalen. Untuk prediksi awan, temperatur, dan theta ekivalen menggunakan hasil model MM5. Sedangkan untuk prediksi curah hujan menggunakan hasil prediksi 2 model cuaca, yaitu MM5 dan WRF. Prediksi tersedia sampai 1 hari kedepan dengan interval waktu prediksi tersedia 3 jam.

Jawa

Prediksi cuaca regional di wilayah Pulau Jawa yaitu 4ºLU-9ºLS dan 102ºBT-116ºBT yang ditampilkan dalam bentuk peta dengan resolusi 9 km. Informassi cuaca yang ditapilkan mengenai kondisi awan, curah hujan, temperatur, dan theta ekivalen. Hasil prediksi ini diperoleh dari model cuaca regional yaitu MM5 dan WRF untuk curah hujan. Prediksi tersedia sampai 1 hari kedepan dengan interval waktu prediksi tersedia 3 jam.