Observasi Cuaca
AWS Monitoring

Pada halaman ini disajikan data-data cuaca hasil rekaman AWS (Automatic Weather Station) yang di pasang di Taman Meteorologi ITB. Data yang ditampilkan adalah data terbaru yang berhasil direkam. Data ini diperbaharui setiap 3 menit sekali.

Satelit MTSAT

Observasi cuaca dari hasil pencitraan MTSAT menyediakan gambar hasil pencitraan awan yang direkam oleh sensor satelit cuaca MTSAT, didasarkan pada pencitraan infra merah. Data observasi MTSAT ini diperoleh dari Universitas Kochi dan JMA (Japan Meteorological Agency). Pencitraan awan yang diambil adalah infra merah kanal 1 (panjang gelombang : 10,3-11,3 µm) dan pencitraan uap air inframerah kanal 3 (panjang gelombang : 6,5-7,0 µm).

Untuk citra IR1 memiliki area tutupan : 70ºLU-20ºLS dan 70ºBT -160ºBT , resolusi horizontal : 1/20 derajat (1800 x 1800 piksel), format gambar : PGM (Portable Gray Map) yang dikompres dalam bentuk gzip. Di halaman pengamatan ini, parameter yang ditunjukkan adalah TBB (Temperature Black Body) di atas Pulau Jawa dan Indonesia ditampilkan dalam peta yang dibuat menggunakan software GrADs. Nilai TBB yang rendah mengindikasikan adanya awan-awan tinggi. Di wilayah yang konvektif, awan tinggi berarti terdapat konveksi yang dalam yang sangat berhubungan dengan luasnya area curah hujan. Observasi yang disajikan 1 hari sebelumnya hingga kini dengan interval waktu tiap jam.

Untuk citra uap air inframerah kanal 3 (water-vapor) disajikan meliputi Asia-Australia (Full-Disk), format gambar GIF (Graphics Interchange Format). Observasi yang disajikan 2 hari sebelumnya hingga kini dengan interval waktu tiap jam.

Observasi Realtime

Disini disediakan link link yang menuju pada situs eksternal yang memiliki sistem informasi observasi real time. SIJAMPANG adalah bagian dari PROJECT HARIMAU yang menampilkan data hasil RADAR secara real time. AWS Online disediakan oleh BMKG, menampilkan data AWS di beberapa tempat secara real time.